Widiarti, Ni Komang (2021) Pengembangan Media Video Pembelajaran Operasi Hitung Pecahan Berbasis Higher Order Thinking Skills pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V Semester Ganjil di SD Negeri 1 Baktiseraga Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711021015-COVER.pdf Download (735kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711021015_ABSTRAK.pdf Download (219kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711021015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (445kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711021015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711021015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (635kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711021015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711021015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711021015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (393kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711021015-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan produk media video pembelajaran operasi hitung pecahan berbasis higher order thinking skills, dan (2) mengetahui kualitas media video pembelajaran operasi hitung pecahan berbasis higher order thinking skills. Subjek penelitian ini yaitu 1 orang sebagai ahli isi pembelajaran, 1 orang sebagai ahli desain pembelajaran, 1 orang sebagai ahli media pembelajaran, 3 orang siswa sebagai uji coba perorangan, dan 9 orang siswa sebagai uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan metode pencatatan dokumen dan kuesioner. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu (1) proses pengembangan produk media video pembelajaran operasi hitung pecahan berbasis higher order thinking skills menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahapan, yaitu: tahap (a) analisis (analysis), (b) perancangan (design), (c) pengembangan (development), (d) implementasi (implementation), dan (e) evaluasi (evaluation). (2) Kualitas media video pembelajaran operasi hitung pecahan berbasis higher order thinking skills valid dengan: (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (96%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi baik (86,67%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (94%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (92,22%) dan (e) hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (96,67%). Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa media video pembelajaran operasi hitung pecahan berbasis higher order thinking skills berada pada kualifikasi sangat baik dan baik sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Dengan penggunaan media video pembelajaran operasi hitung pecahan berbasis higher order thinking skills ini dapat digunakan dengan maksimal sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, media video pembelajaran, HOTS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | NI KOMANG WIDIARTI |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 00:52 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 00:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8680 |
Actions (login required)
View Item |