Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS pada Materi Pengolahan Data dalam Kehidupan Sehari-hari untuk Siswa Kelas VI SD

Purwadana, I Wayan (2021) Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS pada Materi Pengolahan Data dalam Kehidupan Sehari-hari untuk Siswa Kelas VI SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929041017-COVER.pdf

Download (365kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929041017-ABSTRAK.pdf

Download (179kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (342kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041017-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929041017-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh Instrumen Penilaian Berbasis HOTS pada Materi Pengolahan data dalam Kehidupan Sehari-hari yang valid, reliabel, objektiv, praktis, dan norma. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (research and development) model 4D yang dipelopori oleh Thiagarajan terdiri atas 4 tahap yaitu define, design, develop dan desimination. Akan tetapi tahap desimination tidak dapat dilakukan karena adanya pandemi Covid 19 yang berdampak pada kesehatan masyarakat dan siswa. Penelitian ini menghasilkan instrumen Penilaian berbasis HOTS dalam bentuk soal pilihan ganda. Instrumen tersebut kemudian divalidasi oleh tim ahli yang berasal dari 2 dosen ahli matematika dan 3 orang praktisi guru Kelas VI SD. instrumen selanjutnya diujicobakan pada 30 siswa. Berdasarkan hasil validasi ahli maka instrumen dinyatakan valid dengan kategori sangat baik. Validitas isi tes dianalisis menggunakan analisis CVR didapatkan hasil valid untuk semua soal. Hasil validitas butir dianalisis menggunakan rumus point biserial diperoleh rhitung > rtabel sehingga semua butir soal valid. Hasil uji reliabilitas tes diperoleh nilai sebesar 0,75 pada pengujian pertama dan 0,76 pada pengujian kedua. Hasil uji berada pada rentang 0,60 < r1.1 < 0,80 dengan kategori derajat reliabilitas yang “tinggi”. Berdasarkan hasil uji objektivitas, praktikalitas dan norma didapat hasil instrument tes adalah objektif, sangat praktis dan norma. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Instrumen berbasis HOTS yang dikembangkan valid, reliabel, Objektif, praktis dan norma sehingga layak digunakan untuk mengukur proses berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Instrumen Penilaian, HOTS, Materi Pengolahan Data
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Purwadana I Wayan
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:57
Last Modified: 18 Oct 2021 04:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8727

Actions (login required)

View Item View Item