Julianti, Ni Luh (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP KELAS VI SD. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1929041014-COVER.pdf Download (599kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929041014-ABSTRAK.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (213kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (267kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929041014-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Julianti, Ni Luh (2021), Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Pembelajaran IPA Tema Selamatkan Makhluk Hidup Kelas VI SD. Tesis. Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I: Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd. dan Pembimbing II: Prof. Dr. Putu Budi Adnyana, M.Si. Kata kunci: Instrumen Penilaian, HOTS, IPA Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian mata pelajaran IPA Berbasis HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi) pada Tema “Selamatkan Makhluk Hidup” kelas VI SD. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yaitu analyze (analisis), design (rancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) and evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini sebanyak 45 orang yang terdiri dari 2 akademisi (dosen), 3 praktisi (guru kelas VI) dan 40 siswa kelas VI. Ada dua instrumen yang digunakan, lembar penilaian kualitas produk dan kuesioner kepraktisan. Para akademisi memvalidasi instrumen yang digunakan dan menilai produk. Sedangkan kuesioner digunakan oleh guru untuk menilai kepraktisan produk. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif dengan mencari nilai rata-rata dan pengujian reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach. Selanjutnya, nilai rata-rata dikonfirmasi ke dalam tabel klasifikasi penilaian acuan patokan skala 5 dan koefisien alpha dikonfirmasi ke klasifikasi Guilford. Hasil analisis menunjukan a) pengembangan melalui 6 langkah yaitu : menganalisis kebutuhan (kompetensi dasar dan tema), membuat kisi-kisi, membuat butir soal, membuat rubrik penilaian, melakukan uji ahli dan menguji produk secara terbatas, b) karakteristik produk yang dikembangkan terlihat pada komponen, bentuk tes, tingkatan kognitif, tampilan soal dan materi dalam soal, c) produk yang dikembangkan terkategori sangat valid dengan skor 4,89, d) produk yang dikembangkan memiliki tingkat reliabilitas tinggi dengan nilai koefisien alpha 0,811, dan e) produk yang dikembangkan memiliki tingkat kepraktisan sangat tinggi dengan skor 4,92. Dengan demikian, produk yang berupa instrumen penilaian IPA berbasis HOTS layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen Penilaian, HOTS, IPA |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Luh Julianti |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 06:27 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 06:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8743 |
Actions (login required)
View Item |