Pengembangan Kecerdasan Interpersonal dan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas IV SD

Eliantari, Putu (2021) Pengembangan Kecerdasan Interpersonal dan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas IV SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929041036-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929041036-ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (311kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1929041036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041036-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041036-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929041036-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Eliantari, I Putu Regina (2021). Pengembangan Instrumen Kecerdasan Interpersonal Dan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas IV SD. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha Tesis ini telah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. Nyoman Dantes dan Pembimbing II. Dr. Desak Putu Parmiti,M.S Kata-kata kunci: penelitian pengembangan,kecerdasan interpersonal, penguasaan konsep IPA Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan intrumen kecerdasan interoersonal dan penguasaan konsep IPA yang valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan instrumen yang dikemukakan oleh Djemari Mardapi. Penelitian pengembangan ini menghasilkan intrumen pertama yaitu kecerdasan interpersonal dengan mengembangkan soal sebanyak 40 butir. Berdasarkan hasil dari perhitungan CVR, didapatkan semua butir soal valid. selanjutnya dilakukan uji validitas empirik menggunakan rumus korelasi product moment dengan hasil semua butir soal valid. Nilai reliabilitasnya sebesar 0.93 reliabilitas tes sangat tinggi. Pada instrument penguasaan konsep menggunakan rumus point biserial dengan jumlah soal 30, sebanyak 26 butir valid dan 4 butir tidak valid. Nilai reliabilitasnya sebesar 0.94 reliabilitas tes sangat tinggi. Daya beda yang tergolong baik dan tingkat kesukaran yang berkualitas baik. Dengan demikian pengembangan instrument kecerdasan interpersonal dan penguasaan konsep IPA dalam penelitian ini dinyatakan valid dan reliabel serta dapat dijadikan contoh untuk mengukur serta mengembangkan instrument kecerdasan interpersonal dan penguasaan konsep IPA siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan,kecerdasan interpersonal, penguasaan konsep IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Putu Regina Eliantari
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:54
Last Modified: 18 Oct 2021 07:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8752

Actions (login required)

View Item View Item