Apriliasari, Ni Luh (2021) Pengembangan Aktivitas Pembelajaran Berorientasi Taksonomi Bloom Revisi untuk Meningkatkan Kemampuan Pengetahuan Faktual Siswa Kelas IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031138-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031138-ABSTRAK.pdf Download (423kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031138-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (701kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031138-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031138-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031138-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (870kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031138-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031138-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (489kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031138-LAMPIRAN.pdf Download (18MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aktivitas pembelajaran berorientasi Taksonomi Bloom Revisi untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan faktual pada siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari tahap (1) define, (2) design, (3) develop, (4) disseminate. Subjek dari penelitian ini adalah aktivitas pembelajaran berorientasi Taksonomi Bloom Revisi untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan faktual. Objek penelitian ini adalah Kelayakan dan efektivitas aktivitas pembelajaran berorientasi Taksonomi Bloom Revisi yang dikembangkan. Sampel penelitian ini adalah 43 orang siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode non tes berupa kuesioner dan metode tes. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat validitas aktivitas pembelajaran adalah rating scale dengan rentang 1-5 berupa lembar penilaian aktivitas pembelajaran kepada 4 ahli isi, 2 orang guru, dan 3 orang siswa. Data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus rumus indeks validity Aiken untuk mengetahui validitas aktivitas pembelajaran yang dikembangkan dan menunjukan skor tertinggi 0,94 dengan kategori sangat valid dan skor terendah 0,75 dengan kategori valid. Hasil Analisis guru menunjukan skor 4,56 termasuk dalam kategori sangat baik . Sedangkan hasil analisis respon siswa diperoleh skor 4,54 dengan kategori sangat baik. Hasil perolehan skor kelas eksperimen sebesar 52,87 dan kelas kontrol sebesar 39,74. Berdasarkan hasil analisis tersebut, pengembangan aktivitas pembelajaran berorientasi Taksonomi Bloom Revisi layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan pengetahuan faktual dalam proses pembelajaran di kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas, taksonomi bloom revisi, faktual. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI LUH APRILIASARI |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 07:50 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 07:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8803 |
Actions (login required)
View Item |