Mahendra, I Gede Ricky (2021) EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031408-COVER.pdf Download (872kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031408-ABSTRAK.pdf Download (320kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031408-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (393kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031408-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031408-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (540kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031408-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031408-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031408-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (498kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031408-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan saintifik terhadap hasil belajar bahasa indonesia siswa di sekolah dasar. Banyaknya hasil penelitian yang didapatkan tidak dirangkum atau di uji kembali, sehingga keefektivan pendekatan saintifik dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia tidak terlihat. Penelitian kepustakaan terbaru mengenai pendekatan saintifk pada pembelajaran pembelajaran bahasa Indonesia di jenjang pendidikan sekolah dasar belum ada. Metode yang digunakan adalah meta-analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah 15 artikel yang diterbitkan dalam rentang waktu 2015-2020 pada jenjang sekolah dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah 15 artikel yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Hasil analisis yang telah dilakukan bahwa secara keseluruhan nilai rata-rata effect size sebesar 0,805, sehingga dikategorikan berefek besar yaitu 0,805 ≥ 0,8. Sehingga rata-rata tersebut membuktikan bahwa, pembelajaran dengan pendekatan saintifik secara keseluruhan memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik sangat cocok digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia. Tentu hal tersebut didukung oleh kelebihan pendekatan saintifik itu sendiri, yaitu memandu siswa untuk memecahkan masalah melalui kegiatan perencanaan yang matang, pengumpulan data, analisis data untuk menghasilkan kesimpulan, dan menuntun siswa berpikir sistematis, kritis, kreatif, melakukan aktivitas penelitian dan membangun konseptualisasi pengetahuan. Hasil penelitian ini juga bisa dijadikan acuan, bahwa pendekatan saintifik bisa dikolaborasikan dengan media, seperti media audio visual dan bisa dipadukan dengan model pembelajaran seperti talking stick, CIRC.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | meta-analisis, efect size, pendekatan saintifik, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gede Ricky Mahendra |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 07:55 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 07:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8805 |
Actions (login required)
View Item |