ANALISIS KONSEPSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SINGARAJA TENTANG MATERI TEKANAN DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Sari, Erna (2021) ANALISIS KONSEPSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SINGARAJA TENTANG MATERI TEKANAN DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713071030-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713071030-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (89kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071030-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071030-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713071030-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan profil konsepsi siswa dan faktor-faktor penyebab terbentuknya miskonsepsi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja tentang materi tekanan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini tergolong penelitian expostfacto menggunakan pendekatan mixed methods. Strategi yang digunakan adalah sequenitial explanatory. Data dikumpulkan melalui tes diagnostik berbentuk pilihan ganda dilengkapi dengan CRI, pedoman wawancara, kuisioner, serta checklist buku yang digunakan siswa dan guru. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan profil konsepsi siswa dalam memahami materi tekanan adalah 21,71% memahami konsep, 23,02% kurang pengetahuan, 21,91% tidak tahu konsep, dan 33,36% mengalami miskonsepsi. Faktor penyebab miskonsepsi yang berasal dari faktor internal siswa meliputi minat belajar rendah, motivasi belajar rendah, pemahaman konsep rendah; sedangkan yang berasal dari faktor eksternal adalah buku teks IPA yang digunakan kurang lengkap serta metode mengajar guru yang tidak tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: konsepsi, miskonsepsi, faktor penyebab terbentuknya miskonsepsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: ERNA SARI
Date Deposited: 20 Oct 2021 12:21
Last Modified: 20 Oct 2021 12:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8884

Actions (login required)

View Item View Item