PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA MIND MAPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA

Sukariati, Ni Ketut (2021) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA MIND MAPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
162906007-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
162906007-ABSTRAK.pdf

Download (343kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
162906007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (383kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
162906007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
162906007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
162906007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
162906007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
162906007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (497kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
162906007-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa IPA antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan dengan media mind maping dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa IPA antara kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independent dan yang memiliki gaya kognitif Field Dependent, dan (3) mendeskripsikan pengaruh interaktif antara model pembelajaran dan gaya kognitif siswa terhadap hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan one way posttest only nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 12 Denpasar tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 439 siswa. Sampel berjumlah 81 siswa yang ditentukan secara simple random sampling. Data gaya kognitif siswa diperoleh dengan GEFT sebelum diberikan perlakuan, (2) data perubahan hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes awal dan tes akhir yang diberikan kepada dua kelompok (eksperimen dan kontrol), dan (3) data hasil belajar diperoleh dari hasil tes akhir setelah perlakuan kepada kedua kelompok dengan menggunakan tes hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan, yaitu: (1) Hasil belajar siswa IPA dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan mind maping lebih tinggi dari siswa dengan model pembelajaran konvensional (Sig. 0,000); (2) Hasil belajar siswa IPA siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independent lebih tinggi dari siswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent (Sig. 0,003); (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif siswa terhadap hasil belajar IPA siswa (Si. 0,000). Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa IPA antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan dengan media mind maping dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa IPA antara kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independent dan yang memiliki gaya kognitif Field Dependent, dan (3) terdapat pengaruh interaktif antara model pembelajaran dan gaya kognitif siswa terhadap hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran inkuiri terbimbing, mind maping, gaya kognitif siswa.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Ni Ketut Sukariati
Date Deposited: 21 Oct 2021 06:20
Last Modified: 21 Oct 2021 06:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8905

Actions (login required)

View Item View Item