Wiranata, Dwi (2021) PENGEMBANGAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN BERORIENTASI TAKSONOMI BLOOM REVISI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031181-COVER.pdf Download (918kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031181-ABSTRAK.pdf Download (104kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031181-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (150kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031181-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031181-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031181-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031181-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031181-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031181-LAMPIRAN.pdf Download (21MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan aktivitas pembelajaran berorientasi Taksonomi Bloom Revisi untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan pemecahan masalah pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari tahap (1) define, (2) design, (3) develop, (4) disseminate. Subjek dari penelitian ini adalah aktivitas pembelajaran berorientasi Taksonomi Bloom Revisi untuk meningkat-kan kemampuan pemecahan masalah. Objek penelitian ini adalah validitas aktivitas pembelajaran berorientasi Taksonomi Bloom Revisi yang dikembangkan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada empat ahli dan metode tes yang diberikan kepada siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat validitas aktivitas pembelajaran adalah rating scale dengan rentangan 1-5 berupa lembar penilaian aktivitas pembelajaran dari 4 ahli isi dan 2 orang guru sebagai praktisi. Data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus indeks validitas Aiken untuk mengetahui validitas aktivitas pembelajaran yang dikembangkan, Hasil dan menunjukan hasil bahwa skor tertinggi yaitu 0,875 dengan kategori sangat valid dan skor terendah menunjukan sebesar 0,8125 dengan kategori sangat vaild. Sedangkan hasil penilaian guru menunjukan sebesar 4,5 dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa aktivitas pembelajaran berorientasi taksonomi bloom revisi layak untuk dikembangkan. Hasi perolehan kelas eksperimen yaitu 83,5 dan kelas kontrol sebesar 74,48. Berdasarkan analisis tersebut dinyatakan bahawa aktivitas pembelajaran efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SD
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas pembelajaran, taksonomi bloom revisi, pengetahuan pemecahan masalah. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Dwi Wiranata |
Date Deposited: | 20 Oct 2021 17:15 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 17:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8942 |
Actions (login required)
View Item |