Wijayanti, Ida Ayu Kade (2021) ANALISIS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN SAINS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 SUKASADA. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1923071004-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1923071004-ABSTRAK.pdf Download (405kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923071004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1923071004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923071004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923071004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1923071004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923071004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (825kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1923071004-LAMPIRAN.pdf Download (23MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengelolaaan pembelajaran Sains pada masa pandemi Covid-19 di kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Sukasada yang difokuskan pada: (a) perencanaan pembelajaran, (b) pelaksanaan pembelajaran, (c) penilaian pembelajaran, dan (d) faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui studi dokumen, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Perencanaan pembelajaran berupa silabus dan RPP. Komponen silabus berpedoman pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Komponen RPP berpedoman pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019, tetapi tujuan pembelajaran belum mengacu pada Kompetensi Dasar; (b) Pelaksanaan pembelajaran berjalan kurang sesuai dengan RPP yang disiapkan; (c) Penilaian pembelajaran meliputi tiga aspek yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian sikap dan pengetahuan terlaksana dengan baik, tetapi penilaian keterampilan masih jarang dilakukan; dan (d) Faktor-faktor yang memengaruhi pengelolan pembelajaran antara lain: (1) Faktor pendukung yaitu struktur kurikulum Multimedia, pelatihan peningkatan kompetensi guru, buku pegangan siswa, handphone, layanan e-learning Melajah.id., dan bantuan kuota internet dari pemerintah; dan (2) Faktor penghambat yaitu kesulitan menyusun tujuan pembelajaran, rendahnya motivasi belajar siswa, tidak adanya interaksi langsung antara guru dengan siswa, dan keterbatasan kuota internet. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengelolaan pembelajaran Sains pada masa pandemi Covid-19 di kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Sukasada belum berjalan optimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Ida Ayu Kade Wijayanti |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 05:40 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 05:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8948 |
Actions (login required)
View Item |