Budiarsa, I Ketut (2021) Pengembangan Buku Cerita Berkearifan Lokal Bali untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Budaya Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929041026-COVER.pdf Download (477kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929041026-ABSTRAK.pdf Download (313kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (170kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041026-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041026-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929041026-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Buku bacaan anak sekolah dasar masih kurang memenuhi adanya unsur kemampuan literasi budaya. Penenlitian ini bertujuan mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas buku cerita berkearifan lokal Bali untuk meningkatkan kemampuan literasi budaya siswa kelas II Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengembangan dengan rancangan model ADDIE. Menghasilkan buku cerita yang berjudul “I Siap Selem” sebagai budaya lokal yang terkait dengan subtema hewan disekitarku. Validitas diukur menggunakan uji ahli yang meliputi ahli media dan materi. Kepraktisan buku dinilai oleh 2 orang guru dan 4 siswa. Sedangkan keefetivan melalui tes hasil belajar diberikan kepada 30 siswa kelas II. Data yang telah terkumpul kemudian dikonversi menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) rata-rata keseluruhan hasil uji validasi mencapai 95,56% dan berada pada interval 81%-100% termasuk dalam kriteria sangat valid; 2) rata-rata keseluruhan uji kepraktisan mencapai 86,25% dan berada pada interval 81%-100% termasuk kriteria sangat praktis; 3) uji keefektifan berdasarkan ketuntasan belajar mencapai 86,67% dan rata-rata hasil belajar 7,70 dapat dinyatakan efektif. Simpulannya bahwa buku cerita “I Siap Selem” dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk pembelajaran serta layak untuk dikembangkan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi budaya, buku cerita, validitas, kepraktisan, dan keefektifan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Ketut Budiarsa |
Date Deposited: | 20 Oct 2021 00:09 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 00:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8961 |
Actions (login required)
View Item |