Artika, Putu Mitha Gita (2021) PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU DENGAN TEMA “AKU DAN LINGKUNGAN” UNTUK SISWA SMP KELAS VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713071027-COVER.pdf Download (528kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713071027-ABSTRAK.pdf Download (175kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (123kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071027-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071027-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713071027-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik modul IPA terpadu, menganalisis tingkat kevalidan, dan tingkat keterbacaan modul IPA terpadu dengan tema “Aku dan Lingkungan” untuk siswa SMP kelas VII. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) tetapi penelitian dibatasi sampai tahap development. Subjek uji coba dari penelitian adalah 2 orang ahli Kependidikan IPA dan 11 orang siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Denpasar. Objek uji coba penelitian adalah hasil penilaian dari uji kevalidan dan uji keterbacaan. Jenis data yang digunakan penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa hasil review dari ahli dan siswa yang berupa uraian, saran dan masukan. Data kuantitatif berupa data hasil skor instrumen review uji validasi ahli dan hasil review keterbacaan siswa. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah lembar validasi modul IPA terpadu dan angket respon siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Karakteristik modul IPA terpadu yang dikembangkan, yaitu (1) menggunakan tema “Aku dan Lingkungan” menghubungkan bab lapisan bumi dan pencemaran lingkungan, (2) berisi petunjuk penggunaan modul, (3) setiap sub materi berisi latihan soal dan tes formatif. Tingkat kevalidan modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori validitas sangat tinggi berdasarkan dari hasil skor angket penilaian oleh 2 orang dosen ahli Kependidikan IPA sebesar 0,83. Tingkat keterbacaan modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori terbaca berdasarkan hasil skor rata-rata angket penilaian oleh 11 orang siswa kelas VII sebesar 3,5. Berdasarkan uji validasi dan uji keterbacaan dapat disimpulkan bahwa modul IPA terpadu dengan tema “Aku dan Lingkungan” dapat dikategorikan valid dan terbaca untuk digunakan dalam membantu proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modul IPA terpadu, model ADDIE, aku dan lingkungan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LT Textbooks Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | PUTU MITHA GITA ARTIKA |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 01:47 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 01:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9016 |
Actions (login required)
View Item |