Pengembangan Instrumen Kemampuan Komparasi Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak.

Wedani, Putu (2021) Pengembangan Instrumen Kemampuan Komparasi Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711061029-COVER.pdf

Download (844kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711061029-ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711061029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (341kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711061029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711061029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711061029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711061029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711061029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711061029-LAMPIRAN.pdf

Download (895kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen penilaian kemampuan komparasi pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak, yang dilakukan di TK Kids Fantasi Camp dilihat dari validitas dan reliabilitas. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilakukan dengan model RDR (Research, Development, Research). Subjek penelitian adalah instrumen penilaian kemampuan komparasi pada anak dan 30 siswa kelompok B TK Kids Fantasi Camp. Instrumen penilaian kemampuan komparasi pada anak kelompok B ini telah diuji oleh dua orang ahli atau pakar untuk mengukur validitas dan dua orang guru yang diuji coba anak pada untuk mengetahui tingkat reliabilitas. Hasil analisis data berdasarkan uji ahli atau pakar, pernyataan yang valid sebanyak 23 butir yang dihitung menggunakan rumus Gregory. Hasil perhitungan validitas instrumen kemampuan komparasi pada anak sebesar 1 dengan kriteria validitas sangat tinggi, dan uji validitas butir yang dihasilkan adalah 23 butir pernyataan dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas instrumen pada anak kelompok B sebanyak 30 siswa, yang dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach sebesar 0,84 dengan kriteria reliabilitas tinggi. Maka dapat disimpulkan, instrumen yang telah diuji berdasarkan tingkat validitas dan reliabilitasnya dapat digunakan sebagai alat penilaian yang akurat untuk mengukur tingkat kemampuan komparasi pada anak kelompok B taman kanak-kanak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan komparasi, instrumen penilaian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: PUTU WEDANI
Date Deposited: 20 Oct 2021 17:28
Last Modified: 20 Oct 2021 17:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9044

Actions (login required)

View Item View Item