PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA TEMA 6 KELAS IV SEKOLAH DASAR

Puji Wahyuni, Ketut Sri (2021) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA TEMA 6 KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929041034-COVER.pdf

Download (600kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929041034-ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (201kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041034-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041034-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929041034-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Wahyuni, Ketut Sri Puji (2021), Pengembangan E-LKPD berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Tema 6 Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis. Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I : Prof. Dr. I Made Candiasa, MI. Kom dan Pembimbing II: Dr. I Made Citra Wibawa, S.Pd., M.Pd Kata kunci: e-LKPD, kemampuan berpikir tingkat tinggi Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis kemampuan berpikir tingkat tinggi untuk siswa kelas Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 fase, yaitu analyze (analisis), design (rancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Namun pada pelaksanaannya, pengembangan E-LKPD hanya sampai pada evaluasi formatif, sementara evaluasi sumatif tidak dilakukan. Fase implementasi dilakukan secara daring. Karakteristiks e-LKPD yang dikembangkan mencakup 5 bagian, yaitu: komponen, tampilan, materi, aktivitas pembelajaran dan sistem penilaiannya. Validitas materi e-LKPD diuji oleh pakar dan dianalisis dengan formula Gregory dan dinyatakan valid dengan koefisien validitas isi sebesar 1. Kelayakan e-LKPD diuji oleh pakar menggunakan instrumen LORI. Untuk kelayakan isi materi diperoleh skor rata-rata sebesar 4,69 dan kelayakan media sebesar 4,78, keduanya dalam kategori sangat tinggi atau sangat layak digunakan. E-LKPD juga sudah memenuhi kriteria kepraktisan dengan skor 4,51 pada kategori sangat praktis. Selanjutnya E-LKPD diujicoba di kelas secara daring untuk mendapatkan efektivitas. Berdasarkan ujicoba ditemukan bahwa e-LKPD sudah efektif dengan rerata skor siswa 83,67 dengan ketuntasan 90%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: e-LKPD, kemampuan berpikir tingkat tinggi
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ketut Sri Puji Wahyuni
Date Deposited: 25 Oct 2021 10:03
Last Modified: 25 Oct 2021 10:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9367

Actions (login required)

View Item View Item