TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS BULELENG III

Pratidina, Ida Ayu Yudia (2022) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS BULELENG III. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1818011021-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1818011021-ABSTRAK.pdf

Download (808kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1818011021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1818011021-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1818011021-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN)
1818011021-BAB 4 HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PEMBAHASAN)
1818011021-BAB 5 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN)
1818011021-BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1818011021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (939kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1818011021-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan upaya yang dilakukan sendiri atau bersama-sama dalam organisasi yang bertujuan untuk memberikan pelayanan dalam peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan (preventif), pengobatan (kuratif) dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif). Salah satu syarat pokok dalam pelayanan kesehatan adalah memiliki kualitas yang mengutamakan tingkat kesempurnaan pelayanan dan mempengaruhi kedatangan, kesetiaan, loyalitas, kepercayaan serta kesembuhan pasien. Puskesmas adalah pelayanan kesehatan yang dijadikan sebagai gerbang utama masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Dalam menjalankan perannya, puskesmas dituntut untuk memberikan kualitas pelayanan kesehatan yang baik. Kepuasan adalah umpan balik terhadap pelayanan kesehatan yang diperoleh dan merupakan cara untuk menilai kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan. Hasil tingkat kepuasan yang tinggi menyatakan kualitas pelayanan yang baik, sedangkan tingkat kepuasan yang rendah menyatakan kualitas pelayanan yang buruk. Puskesmas Buleleng III adalah salah satu puskesmas yang tidak dilakukan survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Kabupaten Buleleng. Berdasarkan hal diatas, peneliti mengukur tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Buleleng III. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Instrumen berupa kuesioner dengan 30 pernyataan berdasarkan metode SERVQUAL (Service Quality) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan diberikan kepada 140 responden yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dan dianalisis univariat serta menggunakan fisher exact test. Hasil penelitian ini yaitu tingkat kepuasan secara umum 4,11 (82,2%), dengan nilai pada dimensi tangible 4,05 (81,0%), reliability dan assurance 4,13 (82,6%), responsiveness dan empathy 4,12 (82,4%) yang termasuk dalam kategori puas. Pada hasil analisis dengan fisher exact test ditemukan tidak adanya perbedaan yang signifikan pada tingkat kepuasan berdasarkan usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan dan jaminan kesehatan. Hasil ini mengindikasikan bahwa Puskesmas Buleleng III memiliki pelayanan kesehatan yang berkualitas dengan pemberian pelayanan yang merata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, pelayanan kesehatan, metode SERVQUAL.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Program Studi Kedokteran (S1)
Depositing User: Ida Ayu Yudia Pratidina
Date Deposited: 03 Feb 2022 01:34
Last Modified: 03 Feb 2022 01:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9523

Actions (login required)

View Item View Item