Desyantari, Ni Kadek Marhaeni (2022) Pola Adaptasi Teknologi Guru Sosiologi Selama Pembelajaran Daring Tingkat SMA Di Kota Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1814091026-COVER.pdf Download (648kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1814091026-ABSTRAK.pdf Download (37kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1814091026-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (124kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1814091026-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1814091026-BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1814091026-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1814091026-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1814091026-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1814091026-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran daring selama pandemi covid-19 membuat guru sosiologi harus mampu beradaptasi dengan teknologi sebagai media penunjang sehingga kegiatan belajar mengajar agar dapat terlaksana dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses adaptasi teknologi guru sosiologi selama pembelajaran daring SMA, kendala yang dialami selama penggunaannya dan solusi yang diambil untuk mengatasi kendala tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Sosiologi, dan Siswa dari SMA Negeri 1 Singaraja, SMA Negeri 4 Singaraja, dan SMAS Lab. Undiksha. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa guru sosiologi menggunakan lebih dari satu aplikasi penunjang kegiatan pembelajaran daring. Aplikasi tersebut diantaranya WhatsApp Group, Google Form, Google Classroom, Google Meet, dan Zoom. Hal tersebut dikarenakan guru sosiologi hanya menggunakan aplikasi yang dianggap cepat, efektif, dan efisien. Kendala yang dialami guru sosiologi terbagi menjadi tiga yaitu kendala perencanaan pelaksanaan pembelajaran, kendala pelaksanaan pembelajaran, dan kendala sistem evaluasi. Solusi yang diambil ialah solusi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, media evaluasi, strategi penyelesaian, dan ketuntasan belajar setelah melakukan adaptasi teknologi. Dilihat dari hasil penelitian, semua guru sosiologi menggunakan jenis pembelajaran daring tipe Hybrid Courses. Dimana pembelajaran daring yang dilakukan bisa mengikuti kelas secara real-time seperti menggunakan Google Meet atau Zoom, dan juga bisa menggunakan WhatsApp Group atau Google Classroom. Kata kunci: pembelajaran daring, penggunaan aplikasi, proses adaptasi, kendala, solusi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: pembelajaran daring, penggunaan aplikasi, proses adaptasi, kendala, solusi |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1) |
Depositing User: | NI KADEK MARHAENI DESYANTARI |
Date Deposited: | 09 Feb 2022 06:20 |
Last Modified: | 09 Feb 2022 06:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9575 |
Actions (login required)
View Item |