Sulasichin, Kristy Monyta (2022) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF ADOBE FLASH CS6 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATERI KOMPETENSI JURNAL PENYESUAIAN DI MA SYAMSUL HUDA TEGALLINGGAH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1717011069-COVER.pdf Download (248kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1717011069-ABSTRAK.pdf Download (103kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1717011069-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (131kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1717011069-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1717011069-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1717011069-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1717011069-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1717011069-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (112kB) |
|
Text
1717011069-LAMPIRAN.pdf Download (613kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari pemanfaatan media pembelajaran CD Interaktif Adobe Flash CS6 terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 serta perbedaan hasil belajar menggunakan CD Interaktif Adobe Flash CS6 dengan hasil belajar siswa menggunakan power point di MA Syamsul Huda Tegallinggah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yaitu cara untuk mencari hubungan sebab akibat antara dua faktor yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas sebagai kelas kontrol. Jumlah dari keseluruhan kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2 yaitu 40 orang. Sampel dalam penelitian ini ialah dari kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan analisis data menggunakan Uji N-Gain, kemudian teknik analisis secara statistiknya menggunakan uji prasyarat yang digunakan pada penelitian ini adalah uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov (jika n ≥ 20) atau dengan uji Shapiro Wilk. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, memperoleh hasil penelitian yaitu pemanfaatan media pembelajaran CD Interaktif Adobe Flash CS6 sangat berpengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1. Terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 yang menggunakan media pembelajaran CD Interaktif Adobe Flash CS6 dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 yang menggunakan media pembelajaran power point, nilai hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 lebih tinggi dari nilai hasil belajar kelas XI IPS 2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan, Adobe Flash CS6, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1) |
Depositing User: | Kristy Monyta Sulasichin |
Date Deposited: | 14 Feb 2022 02:08 |
Last Modified: | 14 Feb 2022 02:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9742 |
Actions (login required)
View Item |