Widyantari, Ni Kadek Sri (2022) ANALISIS STRATEGI BELAJAR DALAM MENCAPAI HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TEGALLALANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1923071020-COVER.pdf Download (435kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1923071020-ABSTRAK.pdf Download (107kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923071020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (204kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923071020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923071020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923071020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1923071020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923071020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1923071020-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan strategi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tegallalang dalam mencapai hasil belajar pada mata pelajaran IPA, siswa dalam kategori hasil belajar tinggi, sedang dan rendah serta faktor-faktor yang mempengaruhi strategi belajar. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan eksploratif. Subjek penelitian yang terlibat yaitu siswa dan guru IPA Kelas VIII SMP Negeri 1 Tegallalang tahun ajaran 2021/2022. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data penelitian meliputi reduksi data, paparan data dan verifikasi data. Hasil penelitian memperoleh (1) siswa kategori hasil belajar tinggi menggunakan strategi kognitif, metakognitif dan sikap sosial dalam mencapai hasil belajar yaitu; 1) membaca materi berulang-ulang, 2) menggaris bawahi pokok penting materi, 3) mencatat dan merangkum isi materi, 3) merencanakan aktivitas belajar, 4) merencanakan sumber belajar, 5) memantau proses dan hasil belajar, 5) membandingkan hasil belajar dengan target yang ditetapkan, 6) menjawab dan menyampaikan pertanyaan 8) sikap tenang saat menghadapi tes. (2) Siswa kategori kemampuan belajar sedang, menggunakan strategi belajar kognitif dan metakognitif dalam mencapai hasil belajar IPA yaitu; 1) membaca berulang-ulang materi, 2) mencatat dan merangkum isi materi pelajaran, 3) membuat kerangka garis-garis besar materi serta 4) merencanakan sumber-sumber belajar. (3) Siswa kategori hasil belajar rendah memakai strategi belajar kognitif dalam mencapai hasil belajar IPA yaitu; membaca materi berulang-ulang sampai mengerti. (4) Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap strategi belajar siswa yaitu karakteristik materi pembelajaran, motivasi belajar siswa, minat belajar siswa serta intelegensi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi belajar IPA, Kelas VIII SMP Negeri 1 Tegallalang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Ni Kadek Sri Widyantari |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 05:56 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 05:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9792 |
Actions (login required)
View Item |