PENGEMBANGAN INSTRUMEN SELF-EFFICACY DAN KECERDASAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS SD

Swari, I Dewa Ayu Indra (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN SELF-EFFICACY DAN KECERDASAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929041045-COVER.pdf

Download (385kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929041045-ABSTRAK.pdf

Download (45kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041045-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041045-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041045-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929041045-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Swari, I Dewa Ayu Indra (2022), Pengembangan Instrumen Self-Efficacy dan Kecerdasan Sosial dalam Pembelajaran IPS SD. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd dan Pembimbing II : Prof. Dr. Ida Bagus Putrayasa, M.Pd Kata-kata kunci : instrumen, self-efficacy, kecerdasan sosial, validitas, reliabilitas Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui validitas instrumen self-efficacy dan kecerdasan sosial, (2) mengetahui reliabilitas instrumen self-efficacy dan kecerdasan sosial. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah 2 dosen ahli dan 3 guru kelas IV sebagai praktisi pendidikan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan tahapan pengembangan yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Instrumen self-efficacy dan kecerdasan sosial berupa kuesioner yang telah dikembangkan kemudian dilakukan penilaian oleh ahli dan hasilnya dianalisis validitas isi dengan formula Content Validity Ratio (CVR), lalu dilakukan uji coba dan hasilnya dianalisis validitas butir dengan formula Product Moment, dan terakhir dilakukan analisis reliabilitas dengan formula Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) instrumen self-efficacy berupa kuesioner terdiri dari 30 butir pernyataan dinyatakan valid dengan nilai CVR lebih besar dari 0,99, serta nilai Product Moment (r hitung) lebih besar dari 0,36 (r tabel), dan reliabel dengan nilai reliabilitas 0,88. (2) instrumen kecerdasan sosial berupa kuesioner yang terdiri dari 28 butir pernyataan dinyatakan valid dengan nilai CVR lebih besar dari 0,99, serta nilai Product Moment (r hitung) lebih besar dari 0,36 (r tabel), dan reliabel dengan nilai reliabilitas 0,87.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: instrumen, self-efficacy, kecerdasan sosial, validitas, reliabilitas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Dewa Ayu Indra Swari
Date Deposited: 16 Feb 2022 03:09
Last Modified: 16 Feb 2022 03:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9799

Actions (login required)

View Item View Item