Swari, I Dewa Ayu Indra (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN SELF-EFFICACY DAN KECERDASAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929041045-COVER.pdf Download (385kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929041045-ABSTRAK.pdf Download (45kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (198kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041045-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041045-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041045-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (283kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929041045-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Swari, I Dewa Ayu Indra (2022), Pengembangan Instrumen Self-Efficacy dan Kecerdasan Sosial dalam Pembelajaran IPS SD. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd dan Pembimbing II : Prof. Dr. Ida Bagus Putrayasa, M.Pd Kata-kata kunci : instrumen, self-efficacy, kecerdasan sosial, validitas, reliabilitas Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui validitas instrumen self-efficacy dan kecerdasan sosial, (2) mengetahui reliabilitas instrumen self-efficacy dan kecerdasan sosial. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah 2 dosen ahli dan 3 guru kelas IV sebagai praktisi pendidikan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan tahapan pengembangan yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Instrumen self-efficacy dan kecerdasan sosial berupa kuesioner yang telah dikembangkan kemudian dilakukan penilaian oleh ahli dan hasilnya dianalisis validitas isi dengan formula Content Validity Ratio (CVR), lalu dilakukan uji coba dan hasilnya dianalisis validitas butir dengan formula Product Moment, dan terakhir dilakukan analisis reliabilitas dengan formula Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) instrumen self-efficacy berupa kuesioner terdiri dari 30 butir pernyataan dinyatakan valid dengan nilai CVR lebih besar dari 0,99, serta nilai Product Moment (r hitung) lebih besar dari 0,36 (r tabel), dan reliabel dengan nilai reliabilitas 0,88. (2) instrumen kecerdasan sosial berupa kuesioner yang terdiri dari 28 butir pernyataan dinyatakan valid dengan nilai CVR lebih besar dari 0,99, serta nilai Product Moment (r hitung) lebih besar dari 0,36 (r tabel), dan reliabel dengan nilai reliabilitas 0,87.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen, self-efficacy, kecerdasan sosial, validitas, reliabilitas |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Dewa Ayu Indra Swari |
Date Deposited: | 16 Feb 2022 03:09 |
Last Modified: | 16 Feb 2022 03:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9799 |
Actions (login required)
View Item |