AFNAN, MAHENDRA (2022) Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Android Pada Topik Globalisasi Disekitarku Bermuatan Tri Hita Karana Untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1929041042-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929041042-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041042-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041042-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041042-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041042-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041042-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041042-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929041042-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis android yang valid, praktis dan efektif pada muatan IPS kelas VI sekolah dasar dengan topik globalisasi disekitarku. Penelitian ini menerapkan model ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang terdiri dari tahap: 1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Namun, karena keterbatasan waktu dan terkendala pandemi covid-19 maka penelitian ini hanya dilaksanakan sampai tahap pengembangan dengan melakukan evaluasi pada setiap tahapnya. Subjek penelitian ini adalah ahli materi dan ahli media, serta guru dan siswa kelas VI SD. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner yang diberikan kepada 2 orang dosen sebagai ahli yang bertujuan untuk memperoleh data tingkat validitas, serta 10 orang siswa dan 5 orang guru yang bertujuan untuk memperoleh tingkat kepraktisan serta memberikan soal pretest dan posttest kepada siswa yang bertujuan untuk memperoleh data tingkat keefektifan. Hasil analisis data diperoleh skor validasi oleh ahli materi dan ahli media diperoleh rata-rata sebesar 4,78 yang termasuk dalam kriteria sangat valid. Skor rata-rata hasil penilaian siswa dan guru diperoleh rata-rata sebesar 4,45 dan termasuk dalam kategori sangat praktis. Sedangkan rata-rata nilai pretest adalah 61,6 dan rata-rata posttest adalah 79,3. Data nilai pretest dan posttest ini akan dianalisis menggunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05. Dari hasil uji t diperoleh harga t hitung sebesar 8,9482. Dengan demikian harga t hitung lebih besar daripada harga t tabel, sehingga media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan merupakan media yang efektif untuk digunakan. Hasil penelitian ini memberi wawasan bahwa penggunaan teknologi yang mengikuti perkembangan zaman, akan berdampak positif dalam bidang pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran interaktif, android, Tri Hita Karana, Globalisasi disekitarku |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mahendra Afnan |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 08:58 |
Last Modified: | 15 Feb 2022 08:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9821 |
Actions (login required)
View Item |