Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Model Hannafin and Peck pada Mata Pelajaran PAI Kelas V di SD N 5 Kampung Baru Tahun Pelajaran 2020/2021

Rohmah, Shofiana (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Model Hannafin and Peck pada Mata Pelajaran PAI Kelas V di SD N 5 Kampung Baru Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1511021020-COVER.pdf

Download (906kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1511021020-ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511021020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (362kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511021020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511021020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511021020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1511021020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511021020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1511021020-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kurangnya penggunaan perangkat pembelajaran yang relevan dengan karakteristik siswa menginspirasi penelitian ini. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan multimedia interaktif dan mengevaluasi penerapannya pada mata pelajaran PAI. Model perkembangan Hannafin dan Peck diterapkan dalam penelitian ini. Penelitian ini melibatkan tiga siswa uji perorangan dan enam siswa uji kelompok kecil, serta satu ahli mata pelajaran, satu ahli desain pembelajaran, dan satu ahli media pembelajaran. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner, pengumpulan dokumen, dan wawancara. Temuan studi mengarah pada teknik pengembangan multimedia interaktif yang mencakup tiga tahap: analisis kebutuhan, desain, dan pengembangan/implementasi. Setiap fase dinilai dan disempurnakan. Selain itu, hasil belajar siswa dengan kualifikasi sangat baik dinilai menggunakan hasil penilaian ahli materi pelajaran dengan kualifikasi sangat baik (95%), ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi baik (86%), ahli media pembelajaran dengan kualifikasi baik ( 78%) dan hasil belajar kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (92,6%), hasil belajar perorangan multimedia interaktif tervalidasi dengan kualifikasi sangat baik (94,3%). Temuan menunjukkan bahwa multimedia interaktif bermanfaat dan dapat digunakan dalam berbagai cara selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata Kunci: pengembangan, multimedia interaktif, PAI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Shofiana Rohmah
Date Deposited: 17 Feb 2022 00:43
Last Modified: 17 Feb 2022 00:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9844

Actions (login required)

View Item View Item