Rohmah, Shofiana (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Model Hannafin and Peck pada Mata Pelajaran PAI Kelas V di SD N 5 Kampung Baru Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1511021020-COVER.pdf Download (906kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1511021020-ABSTRAK.pdf Download (108kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511021020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (362kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511021020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511021020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511021020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1511021020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511021020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (330kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1511021020-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kurangnya penggunaan perangkat pembelajaran yang relevan dengan karakteristik siswa menginspirasi penelitian ini. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan multimedia interaktif dan mengevaluasi penerapannya pada mata pelajaran PAI. Model perkembangan Hannafin dan Peck diterapkan dalam penelitian ini. Penelitian ini melibatkan tiga siswa uji perorangan dan enam siswa uji kelompok kecil, serta satu ahli mata pelajaran, satu ahli desain pembelajaran, dan satu ahli media pembelajaran. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner, pengumpulan dokumen, dan wawancara. Temuan studi mengarah pada teknik pengembangan multimedia interaktif yang mencakup tiga tahap: analisis kebutuhan, desain, dan pengembangan/implementasi. Setiap fase dinilai dan disempurnakan. Selain itu, hasil belajar siswa dengan kualifikasi sangat baik dinilai menggunakan hasil penilaian ahli materi pelajaran dengan kualifikasi sangat baik (95%), ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi baik (86%), ahli media pembelajaran dengan kualifikasi baik ( 78%) dan hasil belajar kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (92,6%), hasil belajar perorangan multimedia interaktif tervalidasi dengan kualifikasi sangat baik (94,3%). Temuan menunjukkan bahwa multimedia interaktif bermanfaat dan dapat digunakan dalam berbagai cara selama proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata Kunci: pengembangan, multimedia interaktif, PAI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Shofiana Rohmah |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 00:43 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 00:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9844 |
Actions (login required)
View Item |