PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS NEGERI 2 BANYUWANGI

ATMOJO, AGENG PANJI TRI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS NEGERI 2 BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715051051-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051051-ABSTRAK.pdf

Download (316kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051051-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (342kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051051-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051051-BAB 3 METODELOGI %0D%0APENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051051-BAB 4 HASIL DAN %0D%0APEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051051-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051051-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051051-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sumber belajar yang diberikan guru kepada siswa yang hanya bersifat tekstual saja, kurang adanya kreasi seperti gambar, audio, ataupun video yang bisa menjelaskan isi materi secara rinci dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 2 Banyuwangi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D), dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek dari penelitian ini adalah pada siswa kelas VII MTs Negeri 2 Banyuwangi yang berjumlah 30 siswa. Dari penelitian ini, diperoleh sebuah produk media pembelajaran interaktif dengan menggunakan Articulate Storyline 3 yang didistribusikan melalui LMS yang dibuatkan oleh peneliti, hasil yang diperoleh dari validitas ahli isi dan ahli media mendapat rata-rata sebesar 1,00 “sangat valid”. Untuk efektifitas produk mendapat hasil N-Gain 0,83 dengan kriteria “Efektif”. Selain itu, hasil dari respon guru mendapatkan rata-rata sebesar 45, dan peserta didik mendapatkan rata-rata sebesar 62, 43 dengan kriteria “Sangat Praktis”. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif ini sudah layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, Media Pembelajaran Interaktif, ADDIE
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: AGENG PANJI TRI ATMOJO
Date Deposited: 17 Feb 2022 23:29
Last Modified: 17 Feb 2022 23:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9857

Actions (login required)

View Item View Item