ATMOJO, AGENG PANJI TRI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS NEGERI 2 BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715051051-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715051051-ABSTRAK.pdf Download (316kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051051-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (342kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051051-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051051-BAB 3 METODELOGI %0D%0APENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (790kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051051-BAB 4 HASIL DAN %0D%0APEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051051-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051051-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (328kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1715051051-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Sumber belajar yang diberikan guru kepada siswa yang hanya bersifat tekstual saja, kurang adanya kreasi seperti gambar, audio, ataupun video yang bisa menjelaskan isi materi secara rinci dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 2 Banyuwangi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D), dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek dari penelitian ini adalah pada siswa kelas VII MTs Negeri 2 Banyuwangi yang berjumlah 30 siswa. Dari penelitian ini, diperoleh sebuah produk media pembelajaran interaktif dengan menggunakan Articulate Storyline 3 yang didistribusikan melalui LMS yang dibuatkan oleh peneliti, hasil yang diperoleh dari validitas ahli isi dan ahli media mendapat rata-rata sebesar 1,00 “sangat valid”. Untuk efektifitas produk mendapat hasil N-Gain 0,83 dengan kriteria “Efektif”. Selain itu, hasil dari respon guru mendapatkan rata-rata sebesar 45, dan peserta didik mendapatkan rata-rata sebesar 62, 43 dengan kriteria “Sangat Praktis”. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif ini sudah layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery learning, Media Pembelajaran Interaktif, ADDIE |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | AGENG PANJI TRI ATMOJO |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 23:29 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 23:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9857 |
Actions (login required)
View Item |