Yudhayana, Candra Dwi (2022) An Analysis of Grammatical Errors Committed by Students in Writing Comparison and Contrast Paragraphs. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812021022-COVER.pdf Download (564kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021022-ABSTRAK.pdf Download (312kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (343kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021022-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (429kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021022-LAMPIRAN.pdf Download (681kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan menghitung jenis dan sumber kesalahan tata bahasa yang dilakukan oleh mahasiswa semester dua dari empat kelas di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris tahun ajaran 2020/2021 dalam paragraf perbandingan dan kontras. Tes akhir semester mata kuliah Paragraf Writing digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini. Selain itu, dalam menganalisis data digunakan teori Dulay, Burt, dan Krashen (1982) untuk menjelaskan jenis-jenis kesalahan dan teori Richards (1974) digunakan untuk menganalisis sumber kesalahan. Setelah itu, data tersebut dihitung. Dari 114 paragraf, ditemukan 38 paragraf yang mengandung kesalahan. Terdapat empat jenis kesalahan yang diklasifikasikan, yaitu omission dengan 61 kesalahan atau 65%, diikuti oleh addition sebanyak 23 kesalahan atau 25%, kemudian misformation dengan 6 kesalahan atau 6%, dan yang paling rendah adalah misordering dengan 4 kesalahan atau 4%. Kesalahan disebabkan karena dua sumber; yang pertama adalah interlingual error yang terjadi 52 kali atau 54,84% dan yang kedua adalah intralingual error sebanyak 42 kali atau 45,16%. Kesimpulannya, kesalahan omission dan addition merupakan kesalahan yang perlu diperhatikan karena kedua jenis kesalahan ini menunjukkan angka yang sangat signifikan. Oleh karena itu, siswa harus lebih sadar akan aturan tata bahasa dan guru harus menekankan metode atau teknik pengajaran yang tepat untuk mencegah kesalahan yang sama terjadi di masa depan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tata Bahasa, Kesalahan, Menulis, Perbandingan dan Kontras |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Candra Dwi Yudhayana |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 02:16 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 02:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9943 |
Actions (login required)
View Item |