An Analysis of Grammatical Errors Committed by Students in Writing Comparison and Contrast Paragraphs

Yudhayana, Candra Dwi (2022) An Analysis of Grammatical Errors Committed by Students in Writing Comparison and Contrast Paragraphs. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021022-COVER.pdf

Download (564kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021022-ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (343kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021022-LAMPIRAN.pdf

Download (681kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan menghitung jenis dan sumber kesalahan tata bahasa yang dilakukan oleh mahasiswa semester dua dari empat kelas di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris tahun ajaran 2020/2021 dalam paragraf perbandingan dan kontras. Tes akhir semester mata kuliah Paragraf Writing digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini. Selain itu, dalam menganalisis data digunakan teori Dulay, Burt, dan Krashen (1982) untuk menjelaskan jenis-jenis kesalahan dan teori Richards (1974) digunakan untuk menganalisis sumber kesalahan. Setelah itu, data tersebut dihitung. Dari 114 paragraf, ditemukan 38 paragraf yang mengandung kesalahan. Terdapat empat jenis kesalahan yang diklasifikasikan, yaitu omission dengan 61 kesalahan atau 65%, diikuti oleh addition sebanyak 23 kesalahan atau 25%, kemudian misformation dengan 6 kesalahan atau 6%, dan yang paling rendah adalah misordering dengan 4 kesalahan atau 4%. Kesalahan disebabkan karena dua sumber; yang pertama adalah interlingual error yang terjadi 52 kali atau 54,84% dan yang kedua adalah intralingual error sebanyak 42 kali atau 45,16%. Kesimpulannya, kesalahan omission dan addition merupakan kesalahan yang perlu diperhatikan karena kedua jenis kesalahan ini menunjukkan angka yang sangat signifikan. Oleh karena itu, siswa harus lebih sadar akan aturan tata bahasa dan guru harus menekankan metode atau teknik pengajaran yang tepat untuk mencegah kesalahan yang sama terjadi di masa depan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tata Bahasa, Kesalahan, Menulis, Perbandingan dan Kontras
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Candra Dwi Yudhayana
Date Deposited: 17 Feb 2022 02:16
Last Modified: 17 Feb 2022 02:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9943

Actions (login required)

View Item View Item