Rahmayanti, Putu (2022) Developing Teachers’ Guide for Teaching English Literacy by Using Blended Learning Aproach for Beginner Level 3. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029081009-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029081009-ABSTRAK.pdf Download (448kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029081009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (377kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029081009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029081009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (791kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029081009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029081009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029081009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (517kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029081009-LAMPIRAN.pdf Download (875kB) |
Abstract
Perkembangan literasi dini memberikan dampak yang signifikan bagi kebutuhan pengetahuan siswa pemula. Para ahli berpendapat bahwa munculnya kegiatan literasi dengan pembelajaran campuran merupakan cara inovatif yang memberikan banyak manfaat bagi siswa. Dengan menurunnya kasus COVID-19 di era new normal, semua jenjang pendidikan mulai menerapkan pembelajaran campuran terutama di jenjang sekolah dasar. Diluar dari manfaat dalam pengembangan literasi awal dan pembelajaran campuran, penelitian sebelumnya menemukan bahwa sebagian besar guru sekolah dasar tidak memiliki panduan mengajar untuk kegiatan pembelajaran campuran terutama dalam mengembangkan ketrampilan literasi siswa. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan guru dalam mengajar literasi Bahasa Inggris dengan menggunakan pendekatan pembelajaran campuran untuk pemula tingkat 3. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model 4D (define, design, develop, and disseminate). Hasil penelitian ini yaitu: 1) dikembangkannya pedoman guru yang memuat 2 mode langkah pembelajaran, tujuan pembelajaran, penyisipan learning and innovation skills, materi, lembar kerja siswa, pekerjaan rumah, dan program literasi dengan keterlibatan orang tua, 2) kualitas panduan guru sangat baik, dan 3) produk berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Selama implementasi produk, giru dan siswa menunjukkan respon positif meskipun beberapa orang tua menunjukkan partisipasi yang rendah yang tercermin melalui reading log siswa. Penelitian ini menyarankan bahwa guru harus meningkatkan kegiatan literasi untuk siswa pemula serta keterlibatan orang tua mereka yang memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan kognitif, emosional, dan sosial siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi, panduan guru, pembelajaran campuran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Putu Rahmayanti |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 03:55 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 03:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10048 |
Actions (login required)
View Item |