Hasanah, Gamma Uswatun (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEKS RESENSI BERORIENTASI E-LEARNING KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612011057-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612011057-ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612011057-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (245kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612011057-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612011057-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612011057-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612011057-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612011057-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (28kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612011057-LAMPIRAN.pdf Download (880kB) |
Abstract
Penelitian terhadap pengembangan perangkat pembelajaran dalam materi teks resensi dengan berorientasi e-learning dilakukan di kelas XI MIPA 6, XI MIPA 7, serta XI MIPA 8 SMA Negeri 1 Singaraja dikarenakan guru hanya menggunakan perangkat pembelajaran yang tersedia tanpa membuat perangkat pembelajaran sendiri dan tidak memanfaatkan teknologi yang ada. Penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif-kuantitatif ini dilaksanakan guna mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan serta keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Tingkat validitas diperoleh melalui angket penilaian oleh dua validator dan menunjukkan hasil yang sangat valid dengan perolehan nilai RPP 98,9%; bahan ajar 96,5%; media pembelajaran 96,25%; asesmen 100%; dan portal e-learning 100%. Tingkat kepraktisan diperoleh melalui angket respons terhadap penggunaan perangkat pembelajaran dan menunjukkan hasil praktis dengan perolehan nilai guru pengajar 86,11%; peserta didik kelompok kecil 83,33%; dan peserta diidk kelompok eksperimen 80,84%. Tingkat keefektifan diperoleh melalui perbedaan yang signifikan terhadap nilai hasil belajar kelompok eksperimen serta kelompok kontrol, yakni 80,54 dan 76,05. Adapun kesimpulan yang didapatkan adalah perangkat pembelajaran menunjukkan hasil yang sangat valid, praktis, serta efektif. Adapun saran terkait penelitian ini yakni agar penelitian ini dapat dijadikan referensi terhadap perangkat pembelajaran yang akan digunakan dengan berorientasi e-learning agar terciptanya kondisi pembelajaran yang menarik dan inovatif, serta tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perangkat pembelajaran, e-learning, teks resensi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Gamma Uswatun Hasanah |
Date Deposited: | 19 Feb 2022 06:41 |
Last Modified: | 19 Feb 2022 06:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10111 |
Actions (login required)
View Item |