Pastini, Ni Wayan (2022) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DENGAN PENGENDALIAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 UBUD TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1929021009-COVER)
1929021009-Cover.pdf Download (432kB) |
|
Text (1929021009-ABSTRAK)
1929021009-Abstrak.pdf Download (218kB) |
|
Text (1929021009-BAB 1 PENDAHULUAN)
1929021009-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (366kB) |
|
Text (1929021009-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929021009-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (628kB) | Request a copy |
|
Text (1929021009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929021009-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (813kB) | Request a copy |
|
Text (1929021009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929021009-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) | Request a copy |
|
Text (1929021009-BAB 5 PENUTUP)
1929021009-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) | Request a copy |
|
Text (1929021009-DAFTAR PUSTAKA)
1929021009-Daftar Pustaka.pdf Download (257kB) |
|
Text (1929021009-LAMPIRAN)
1929021009-Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap hasil belajar PPKn sebelum dan sesudah pengendalian pengaruh motivasi belajar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ubud yang terdiri dari sepuluh rombongan belajar. Dengan menerapkan teknik random sampling, dua kelas terpilih sebagai sampel, yang mana satu kelas sebagai kelompok eksperimen yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model learning cycle 7E dan satu kelas sebagai kelompok kontrol yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Data hasil belajar PPKn dikumpulkan dengan tes untuk selanjutnya dianalisis dengan analisis varians satu jalur dan analisis kovarian satu jalur. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar PPKn antara siswa yang mengikuti pelajaran menggunakan model learning cycle 7E dan model pembelajaran konvensional dengan FHitung = 17,008 dengan signifikansi = 0,000 (p < 0,05); (2) terdapat perbedaan hasil belajar PPKn antara siswa yang mengikuti pelajaran menggunakan model learning cycle 7E dan model pembelajaran konvensional, setelah diadakan pengendalian pengaruh variabel motivasi belajar siswa dengan Fhitung = 22,578; dan (3) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar PPKn dengan kontribusi sebesar 25,20 %. Berdasarkan temuan-temuan disimpulkan bahwa model learning cycle 7E berpengaruh terhadap hasil belajar PPKn baik sebelum maupun sesudah variabel motivasi belajar siswa dikendalikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Learning Cycle 7E, Pembelajaran Konvensional, Motivasi Belajar, Hasil Belajar PPKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Ni Wayan Pastini |
Date Deposited: | 19 Feb 2022 08:46 |
Last Modified: | 19 Feb 2022 08:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10130 |
Actions (login required)
View Item |