Udayana, Nyoman Agus (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KLARIFIKASI NILAI BERBASIS MULTIKULTUR TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 3 TEGALLALANG. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1929021003-COVER)
1929021003-Cover.pdf Download (817kB) |
|
Text (1929021003-ABSTRAK)
1929021003-Abstrak.pdf Download (235kB) |
|
Text (1929021003-BAB 1 PENDAHULUAN)
1929021003-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (271kB) |
|
Text (1929021003-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929021003-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (803kB) | Request a copy |
|
Text (1929021003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929021003-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) | Request a copy |
|
Text (1929021003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929021003-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (855kB) | Request a copy |
|
Text (1929021003-BAB 5 PENUTUP)
1929021003-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) | Request a copy |
|
Text (1929021003-DAFTAR PUSTAKA)
1929021003-Daftar Pustaka.pdf Download (123kB) |
|
Text (1929021003-LAMPIRAN)
1929021003-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran klarifikasi nilai berbasis multikultur terhadap karakter dengan mempertimbangkan sikap sosial pada Peserta didik Kelas VIII SMP N 3 Tegallalang. Penelitian menggunakan pendekatan eksperimen dengan treatment by level. Populasi terdiri dari 158 peserta didik terbagi dalam lima kelas. Pengujian kesetaraan kelas dilakukan dengan uji F menggunakan nilai hasil penilaian tengah semester (PTS). Ternyata semua kelas setara. Selanjutnya dipilih secara random 4 kelas sebagai sampel. Kelas kemudian dibagi dua secara random, menjadi kelas eksperimen dan kontrol. Selanjutnya diberikan tes sikap sosial untuk memilih kelompok sosial tinggi dan rendah. Kelompok eksperimen diberikan model pembelajaran klarifikasi nilai berbasis multikultur dan kelompok kontrol diberikan model pembelajaran konvensional. Data karakter peserta didik dikumpulkan dengan angket menggunakan skala Likert. Analisis data untuk uji hipotesis dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur, dilanjutkan dengan uji Tukey pada taraf signifikansi 5%. Uji hipotesis memberikan hasil seperti berikut. 1) Terdapat perbedaan karakter antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran klarifikasi nilai berbasis multikultur dan karakter peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan sikap sosial terhadap karakter siswa. 3) Untuk siswa dengan sikap sosial tinggi, karakter peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran klarifikasi nilai berbasis multikultur lebih baik daripada karakter peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional. 4) Untuk siswa dengan sikap sosial rendah, karakter peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional lebih baik daripada karakter peserta didik yang mengikuti pembelajaran klarifikasi nilai berbasis multikultur.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Klarifikasi Nilai, Multikultur, Karakter Peserta didik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Nyoman Agus Udayana |
Date Deposited: | 20 Feb 2022 09:03 |
Last Modified: | 20 Feb 2022 09:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10185 |
Actions (login required)
View Item |