PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS STANDAR PROSES KURIKULUM 2013 REVISI UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG LEVEL SEKOLAH DASAR DI BALI

Wahyuni, Ni Made Sri Ari (2022) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS STANDAR PROSES KURIKULUM 2013 REVISI UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG LEVEL SEKOLAH DASAR DI BALI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612061034-COVER.pdf

Download (729kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612061034-ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612061034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612061034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612061034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612061034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612061034-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612061034-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612061034-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk membuat program alat bantu belajar bahasa Jepang berbasis animasi alat peraga yang dibuat akan berdasarkan Standar Kurikulum 2013 revisi untuk level sekolah dasar di Bali. Media animasi pembelajaran yang dibuat diharapkan mampu menarik minat siswa dalam mempelajari bahasa Jepang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan penelitian yang digunakan adalah model FourD Thiagarajan, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) Pendefinisian, (2) Perancangan, (3) Pengembangan dan (4) Penyebaran. Namun dalam penelitian ini model pengembangan hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan, sedangkan tahap penyebaran tidak dilaksanakan karena keterbatasan waktu penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode (1) wawancara dan (2) angket berupa angket uji ahli (uji ahli isi, uji ahli media) dan uji coba produk terbatas). Hasilnya menunjukkan bahwa (1) Media pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari 10 bab yang memenuhi kriteria pembelajaran HOTS. Media pembelajaran ini juga dilengkapi latihan. (2) Hasil angket uji ahli dan uji coba produk diperoleh nilai rata-rata 4,0 kategori sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa media animasi yang dikembangkan di pandang layak untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran bahasa Jepang SD di Bali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, media animasi, kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: NI MADE SRI ARI WAHYUNI
Date Deposited: 22 Feb 2022 01:40
Last Modified: 22 Feb 2022 01:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10307

Actions (login required)

View Item View Item