J, daniar Aurellia Warda (2022) Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri di Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713021031-COVER.pdf Download (985kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713021031-ABSTRAK.pdf Download (98kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713021031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (158kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713021031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713021031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713021031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713021031-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713021031-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713021031-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Prestasi belajar fisika siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya motivasi belajar dan kemandirian belajar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) hubungan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika, 2) hubungan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar fisika, 3) hubungan antara motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar fisika. Jenis penelitian ini adalah ex-post-facto dengan desain kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Muncar dan kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Tegaldlimo dengan jumlah 308 orang siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik proportional random sampling yang berjumlah 171 orang siswa. Data dari motivasi belajar dan kemandirian belajar dikumpulkan dengan kuesioner sedangkan data prestasi belajar dikumpulkan dengan tes objektif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi, uji regresi linier satu prediktor, uji regresi ganda dua prediktor, serta pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar fisika, nilai R square yang diperoleh sebesar 0,034 dan sumbangan efektif sebesar 1,3%, 2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar fisika, nilai R square yang diperoleh sebesar 0,037 dan sumbangan efektif sebesar 2,60%, 3) terdapat hubungan positif dan signifikan motivasi belajar dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar fisika, nilai R square yang diperoleh sebesar 0,039 dan sumbangan efektif sebesar 3,9%. Kata kunci: Motivasi belajar, kemandirian belajar, prestasi belajar fisika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, Kemandirian belajar, Prestasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | DANIAR AURELLIA WARDA J |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 01:25 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 01:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10409 |
Actions (login required)
View Item |