Varamita, Ni Komang Ayu Pradnya (2022) Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031028-COVER.pdf Download (786kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031028-ABSTRAK.pdf Download (27kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (156kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031028-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031028-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (260kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031028-LAMPIRAN.pdf Download (26MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis powtoon pada materi keliling dan luas bangun datar siswa kelas IV sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki lima tahap, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Akan tetapi, penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan. Subjek penelitian ini adalah media video pembelajaran berbasis powtoon pada materi keliling dan luas bangun datar, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas dan kepraktisan media video pembelajaran berbasis powtoon yang dikembangkan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode kuesioner. Untuk mengukur validitas dan kepraktisan video pembelajaran berbasis powtoon pada materi keliling dan luas bangun datar, digunakan instrumen rating scale berupa lembar penilaian validitas media yang diisi oleh dua orang dosen sebagai ahli media, dua orang dosen sebagai ahli materi, dan lembar penilaian kepraktisan media diisi oleh dua orang guru atau praktisi dan sepuluh respon siswa melalui google formulir. Data validitas dan kepraktisan media yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan rumus mean untuk mengetahui skor rata-rata validitas dan kepraktisan video pembelajaran berbasis powtoon pada materi keliling dan luas bangun datar. Penelitian ini menghasilkan video pembelajaran berbasis powtoon pada materi keliling dan luas bangun datar yang sudah teruji validitas dan kepraktisannya dengan skor rata-rata validasi video pembelajaran secara keseluruhan untuk ahli media sebesar 4,80 dan skor rata-rata dari ahli materi sebesar 4,50. Sedangkan skor rata-rata kepraktisan dari guru atau praktisi sebesar 4,92 dan skor rata-rata dari respon siswa 4,85. Berdasarkan hasil analisis uji validitas dan kepraktisan, video pembelajaran berbasis powtoon pada materi keliling dan luas bangun datar siswa kelas IV sekolah dasar dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video pembelajaran, powtoon, keliling dan luas bangun datar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Ayu Pradnya Varamita |
Date Deposited: | 24 May 2022 01:21 |
Last Modified: | 24 May 2022 01:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10655 |
Actions (login required)
View Item |