Dewi, I Dewa Ayu Widia Suari (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL MUATAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI DAN HUBUNGANNYA DENGAN BERBAGAI BIDANG PEKERJAAN KELAS IV SD NEGERI 14 DAUH PURI DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031234-COVER.pdf Download (790kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031234-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031234-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (540kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031234-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (884kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031234-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (777kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031234-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031234-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031234-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (380kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031234-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan mendeskripsikan validitas media pembelajaran flipbook berbasis pendekatan kontekstual muatan IPS materi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan menurut para ahli dan uji coba produk. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pengujian dilakukan oleh tiga orang ahli meliputi ahli materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan siswa sebagai subjek uji coba produk yang dikembangkan meliputi uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) sebagai langkah-langkah sistematis dalam pengembangan produk. Metode pengumpulan data yang digunakan kuesioner atau angket. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Media pembelajaran flipbook berbasis pendekatan kontekstual muatan IPS materi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan dinyatakan valid dan layak dengan: (a) hasil review ahli materi pembelajaran memperoleh persentase (92,5%) dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil review ahli desain pembelajaran memperoleh persentase (92,5%) dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil review ahli media pembelajaran memperoleh persentase (90%) dengan kualifikasi sangat baik, (d) hasil uji coba perorangan memperoleh persentase (94,6%) dengan kualifikasi sangat baik dan (e) hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase (93,9%) dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil review para ahli dan hasil subjek uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook berbasis pendekatan kontekstual adalah layak digunakan sebagai media pembelajaran pada muatan IPS materi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan di kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Flipbook, Pendekatan Kontekstual, IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Dewa Ayu Widia Suari Dewi |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 04:46 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 04:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10691 |
Actions (login required)
View Item |