Romadhon, Inam Azizur (2019) IMPLEMENTASI ASSESMENT AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI KOTA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1514031021-COVER.pdf Download (655kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1514031021-ABSTRAK.pdf Download (93kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1514031021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (136kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1514031021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1514031021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1514031021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1514031021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1514031021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (117kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1514031021-LAMPIRAN.pdf Download (946kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang persiapan, pelaksanaan, pelaporan, serta solusi terhadap kesulitan guru menerapkan assesment autentik dalam pembelajaran geografi pada SMA Negeri di Kota Singaraja. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif mengacu pada model Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga metode, yaitu wawancara, observasi, dan pencatatan dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan assesment autentik dalam kurikulum 2013 yang dilakukan guru dalam pembelajaran geografi dinilai pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Persiapan assesment autentik dilakukan dengan membuat indikator penilaian yang telah disiapkan dalam RPP. Untuk ranah sikap penilaian dilakukan dengan teknik observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal catatan guru. Pada ranah pengetahuan, guru menggunakan teknik tes tulis, tes lisan, dan penugasan. Sementara pelaksanaan penilaian keterampilan menggunakan teknik kinerja, proyek, dan portofolio. Pelaporan assesment autentik pada pembelajaran geografi berbentuk nilai yang sesuai dengan KKM yang telah disepakati. Solusi terhadap kesultan guru bisa menggunakan format penilaian dalam ms. excel. Selanjutnya pelaporan assesment autentik diberikan pendidik kepada peserta didik disertai dengan feedback sehingga dapat dijadikan acuan perbaikan pada pembelajaran berikutnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Assesment Autentik, Pembelajaran Geografi. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Inam Azizur Romadhon |
Date Deposited: | 20 Oct 2019 23:55 |
Last Modified: | 20 Oct 2019 23:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/107 |
Actions (login required)
View Item |