Ratnathatmaja, I Made (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATA PELAJARAN IPS MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 BAKBAKAN GIANYAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031220-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031220-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031220-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (476kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031220-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (719kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031220-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (801kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031220-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031220-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031220-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (460kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031220-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan rancang bangun video pembelajaran interaktif berbasis problem based learning mata pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan (2) Menguji kelayakan video pembelajaran interaktif berbasis problem based learning mata pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan menurut para ahli dan uji coba produk. Subjek penelitian yaitu: 1 ahli mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji coba perorangan dan 9 siswa untuk uji coba kelompok kecil. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, pencatatan dokumen, dan kuesioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian (1) Rancang bangun video pembelajaran interaktif berbasis problem based learning mata pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan menggunakan model pengembangan ADDIE. (2) Video pembelajaran interaktif berbasis problem based learning mata pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan dikatakan valid dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran memperoleh persentase (83%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran media memperoleh persentase (89%), (c) hasil review ahli media memperoleh persentase (89%), (d) hasil uji perorangan vi memperoleh persentase (85%) dan (e) hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase (87,2%) dengan keseluruhan mendapatkan kategori baik, sehingga video pembelajaran interaktif layak digunakan. Disimpulkan bahwa penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan dan media video pembelajaran interaktif dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Bakbakan Gianyar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran Interaktif, Problem Based Learning, IPS. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Made Ratnathatmaja |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 02:35 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 02:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10811 |
Actions (login required)
View Item |