Indrawati, Ni Luh (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS BOOK BERBASIS NUMERASI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031100-COVER.pdf Download (287kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031100-ABSTRAK.pdf Download (164kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031100-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (161kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031100-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031100-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031100-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031100-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031100-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031100-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas pengembangan media fun thinkers book berbasis numerasi terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas II Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuisioner dan tes. Untuk mengukur validitas media fun thinkers book berbasis numerasi digunakan instrument rating scale yang berupa lembar penilaian validasi media yang diberikan kepada dua orang dosen sebagai ahli materi soal dan dua orang dosen sebagai ahli media pembelajaran. Untuk mengetahui kepraktisan media dilakukan dengan menganalisis angket uji respon guru dan siswa. Data hasil uji validasi isi media pembelajaran oleh para ahli dianalisis menggunakan rumus Aiken’V, sedangkan data hasil uji kepraktisan oleh guru dan siswa dicari presentase kepraktisannya. Berdasarkan hasil analisis data uji validasi ahli materi soal diperoleh indeks validitasnya sebesar 0,944 termasuk ke dalam kategori tinggi. Uji validasi ahli media pembelajaran diperoleh indeks validitasnya sebesar 0,938 termasuk ke dalam kategori tinggi. Hasil analisis angket respon guru dan siswa diperoleh presentase kepraktisan sebesar 97% dan 96% yang termasuk ke dalam kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa media fun thinkers book berbasis numerasi valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas II serta telah memenuhi kriteria kepraktisan. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung = 19,897 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan df = 24 diperoleh nilai ttabel= 2,064, sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan analisis tersebut, bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas II SD antara sebelum dan sesudah menggunakan media fun thinkers book berbasis numerasi. Hal ini berarti media fun thinkers book berbasis numerasi efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas II Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, fun thinkers book, kemampuan literasi numerasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Indrawati |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 01:07 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 01:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10871 |
Actions (login required)
View Item |