Hapsari, I Gusti Agung Dwiya Bintang (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS MODEL PBL MATERI SUMBER ENERGI PADA MUATAN IPA KELAS IV DI SD NEGERI 1 TISTA KABUPATEN TABANAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031057-COVER.pdf Download (648kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031057-ABSTRAK.pdf Download (228kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031057-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (439kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031057-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031057-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (831kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031057-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031057-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031057-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (383kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031057-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang digunakan guru saat proses pembelajaran khususnya pada muatan IPA sehingga siswa cepat merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun media pembelajaran komik digital berbasis model PBL dan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran komik digital berbasis model PBL. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji rancang produk dilakukan oleh ahli isi mata pelajaran, ahli desan pembelajaran, ahli media pembelajaran, uji coba perorangan yang terdiri dari tiga orang siswa dan uji coba kelompok kecil yang terdiri dari sembilan orang siswa. Analisis data yang digunakan berupa data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tingkat kelayakan menurut ahli isi mata pelajaran sebesar 97,5%, ahli desain pembelajaran sebesar 90%, ahli media pembelajaran sebesar 90%, uji coba perorangan sebesar 95% dan uji coba kelompok kecil sebesar 95,5% dengan keseluruhan berkategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran komik digital berbasis model PBL layak digunakan dalam proses pembelajaran materi sumber energi pada muatan IPA kelas IV SD Negeri 1 Tista Kabupaten Tabanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran komik digital, PBL, sumber energi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gusti Agung Dwiya Bintang Hapsari |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 02:56 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 02:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10996 |
Actions (login required)
View Item |