Mudiardi, I Gusti Nyoman (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERLANDASKAN TRI HITA KARANA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS V DI SD NEGERI 3 PEGADUNGAN, KECAMATAN SUKASADA, KABUPATEN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031067-COVER.pdf Download (692kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031067-ABSTRAK.pdf Download (483kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031067-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (673kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031067-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031067-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (728kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031067-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031067-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031067-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (525kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031067-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Siswa yang kurang memahami pembelajaran online khususnya pelajaran IPA. Hal ini karena kurangnya kemampuan guru dalam menerapkan teknologi dan membuat media pembelajaran. Hal berdampak pada kemampuan, minat, motivasi, dan hasil belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan rancang bangun video pembelajaran berlandaskan Tri Hita Karana pada materi ekosistem keas V SD dan mengetahui validitas video pembelajaran berlandasan Tri Hita Karana pada materi ekosistem kelas V SD. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan model 4-D, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek penelitian terdiri dari 2 ahli media, dan 2 ahli materi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Instrumen pengumpulan data penelitian ini yaitu ratting scale. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilaian yang diberikan oleh ahli materi I yaitu 98,66% dan materi II 96%. Rata-rata penilaian yaitu 97,33% (kualifikasi sangat baik). Hasil penilaian ahli media I yaitu 96% dan ahli media II yaitu 93.,33%. Rata-rata penilaian yang diberikan ahli media yaitu 94,66% (sangat baik). Disimpulkan bahwa video pembelajaran layak digunakan dalam pembelajaran. Video pembelajaran dapat menumbuhkan minat belajar IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, Tri Hita Karana, Ekosistem |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gusti Nyoman Mudiardi |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 01:18 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 01:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11095 |
Actions (login required)
View Item |