Pratiwi, Luh Devi Kemala (2022) Hubungan Antara Self-Efficacy dan Motivasi Belajar dengan Kemampuan Literasi Matematika Siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011082-COVER.pdf Download (825kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011082-ABSTRAK.pdf Download (82kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011082-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (199kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011082-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011082-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011082-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011082-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011082-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011082-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui hubungan antara self-efficacy dan motivasi belajar dengan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Denpasar. Penelitian ini berjenis ex-post facto dengan mempergunakan analisis regresi linier berganda. Populasinya ialah keseluruhan siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Denpasar tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 426 orang. Sampel berukuran 202 orang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan instrumen dalam bentuk angket guna mendapatkan data self-efficacy serta motivasi belajar dan instrumen dalam bentuk tes dipergunakan mendapatkan data kemampuan literasi matematika. Pengukuran self-efficacy yang dilakukan yaitu hanya menggunakan dimensi-dimensi self-efficacy menurut Bandura sebagai dasar pengukuran sedangkan pengukuran motivasi belajar yaitu hanya menggunakan indikator pengukuran motivasi belajar menurut Hamzah B. Uno. Dalam penelitian ini soal literasi matematika yang digunakan adalah soal yang berkaitan dengan kemampuan siswa guna merumuskan, menggunakan serta menafsirkan ilmu matematika pada aneka jenis konteks secara nyata. Pengujian hipotesis mempergunakan analisis regresi linier berganda dengan tujuan untuk menganalisis hubungan antara variabel bebas (self-efficacy dan motivasi belajar) terhadap variabel terikat (kemampuan literasi matematika). Hasil yang diperoleh ialah: (1) Data yang diuji sudah memenuhi uji asumsi klasik yaitu nilai residual berdistribusi normal, hubungan antar variabel linier serta signifikan, tidak terjadi multikolinieritas antar variabel dependen, tidak ada autokorelasi dan tidak terjadinya heteroskedastisitas. (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan secara bersama-sama antara self-efficacy dan motivasi belajar dengan kemampuan literasi matematika siswa. Adapun persamaan regresi yang diperoleh adalah Y=0,086X1+0,061X2 dengan R^2 = 0,915 sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan self-efficacy dan motivasi belajar memberikan pengaruh terhadap kemampuan literasi matematika siswa sebesar 91,5%, dengan sumbangan efektif dari variabel self-efficacy sebanyak 44,54% dan variabel motivasi belajar sebanyak 46,96%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi, motivasi, self-efficacy |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Luh Devi Kemala Pratiwi |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 02:22 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 02:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11130 |
Actions (login required)
View Item |