Pratiwi, Ida Ayu Putu Surya Eka (2022) KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN HIDROLISIS GARAM SECARA DARING DI SMA NEGERI 1 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513031010-COVER.pdf Download (850kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513031010-ABSTRAK.pdf Download (146kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513031010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (140kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513031010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513031010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513031010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513031010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513031010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513031010-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam secara daring; mendeskripsikan dan menjelaskan jenis kesulitan belajar siswa pada materi hidrolisis garam secara daring; serta mendeskripsikan dan menjelaskan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi hidrolisis garam secara daring di SMA Negeri 1 Sawan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Sawan tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 67 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes hasil belajar, studi dokumen, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan sebanyak 82% siswa belum mencapai KKM. Kesulitan yang dialami siswa pada materi hidrolisis adalah membedakan jenis-jenis hidrolisis garam; kemampuan dalam menuliskan persamaan reaksi hidrolisis garam; kemampuan dalam mengaitkan hubungan antara reaksi hidrolisis garam dengan pH larutan garam; dan pemahaman dalam menentukan sifat larutan garam. Faktor internal penyebab kesulitan belajar siswa pada materi hidrolisis garam adalah rendahnya pemahaman siswa dalam membedakan jenis-jenis larutan garam, rendahnya pemahaman siswa dalam menentukan jenis-jenis ion dalam larutan garam, rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep persamaan reaksi dan rendahnya retensi pengetahuan siswa. Faktor eksternal penyebab kesulitan belajar adalah kurang maksimalnya pengelolaan proses pembelajaran daring oleh guru, durasi belajar, dan kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk memvisualisasikan materi hidrolisis garam secara submikroskopis selama pembelajaran daring. Kata kunci: kesulitan belajar, hidrolisis garam, faktor internal, faktor eksternal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesulitan belajar, hidrolisis garam, faktor internal, faktor eksternal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Putu Surya Eka Pratiwi |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 02:31 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 02:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11285 |
Actions (login required)
View Item |