Cintia, Gusti Ketut Pramana (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF MENGGUNAKAN MEDIA FUN THINKERS BERBASIS SOAL LITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD TEMA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP DI GUGUS 3 KECAMATAN KUBUTAMBAHAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031179-COVER.pdf Download (275kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031179-ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031179-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (134kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031179-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031179-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031179-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031179-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031179-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031179-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Aktif menggunakan media Fun Thinkers berbasis soal Literasi terhadap hasil belajar siswa kelas III tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Jenis penelitian ini adalah Quasi-Experiment, dengan rancangan yang digunakan Non-Equivalent Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini merupakan keseluruhan siswa kelas III SD di Gugus 3 Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng Tahun pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 4 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 64 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Random Sampling, yang dirandom yaitu kelas sebagai Intact Group dengan komposisi sampel SD Negeri 1 Bila yang berjumlah 18 siswa sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 1 Bengkala yang berjumlah 18 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data hasil belajar tematik adalah metode tes dengan menggunakan tes essay/uraian yang berjumlah 10 butir. Data tersebut dianalisis menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung = 15,41 dan ttabel = 1,69. Kriteria pengujian menunjukan thitung (15,41) > ttabel (1,69) maka H1 diterima H0 ditolak. Kesimpulan dari hasil analisis data dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Aktif menggunakan media Fun Thinkers berbasis soal Literasi terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Di Gugus 3 Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran aktif, media fun thinkers, literasi, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Gusti Ketut Tri Pramana Cintia |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 03:04 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 03:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11288 |
Actions (login required)
View Item |