Tanaya, I Gusti Ngurah Kade Rama (2022) Pengembangan Media Lego Berbasis Mozaik untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini Kelompok A TK Hadi Sastra Melaya Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711061058-COVER.pdf Download (682kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711061058_ABSTRAK .pdf Download (266kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711061058_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (332kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711061058-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711061058-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711061058-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (754kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711061058-BAB 5 PENUTUP.pdf Download (207kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711061058-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (604kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711061058-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
PENGEMBANGAN MEDIA LEGO BERBASIS MOZAIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A TK HADI SASTRA MELAYA TAHUN AJARAN 2022/2023 Oleh I Gusti Ngurah Kade Rama Tanaya, NIM 1711061058 Jurusan Pendidikan Dasar ABSTRAK Kemampuan mengenal huruf merupakan hal yang sangat penting yang harus di ajarkan dan di terapkan sejak dini karena hal ini berkaitan dengan kemampuan anak dalam berkomunikasi dan bersosialisasi di lingkungan masyarakat nantinya. Namun permasalahan di lapangan menunjukkan bahwa sebagian besar anak belum mampu mengenal macam – macam huruf serta belum mampu membentuk huruf dengan baik dan benar karena kurangnya perhatian anak dalm proses pembelajaran serta kurangnya media pembelajaran yang tepat untuk menstimulasi kemampuan anak dalam mengenal huruf. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media lego huruf berbasis mozaik untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini. Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang pada pelaksanaanya hanya sampai pada tahap pengembanganya saja. Metode pengumpulan data yang di lakukan adalah pengumpulan data premier dengan instrumen penelitian adalah angket kuisioner. Subjek penelitian yaitu yaitu ahli berjumlah 4 orang. Teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis statistik kualitatif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran lego huruf berbasis mozaik ini valid dan layak untuk diterapkan. Berdasarkan uji validitas materi dan media, dengan rata – rata nilai CVR 1,00 dan nilai CVI 1,00. Dapat di simpulkan bahwa pengembangan media lego berbasis mozaik untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini memiliki 3 tahapan dan dinilai valid serta layak untuk diterapkan. Implikasi penelitian ini yaitu media yang dikembangkan dapat di gunakan oleh guru dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini. Kata kunci: media pembelajaran, media lego huruf, kemampuan mengenal huruf, mozaik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, media lego huruf, kemampuan mengenal huruf, mozaik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | I GUSTI NGURAH KADE RAMA TANAYA |
Date Deposited: | 17 Jul 2022 07:24 |
Last Modified: | 17 Jul 2022 07:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11300 |
Actions (login required)
View Item |