Palupi, Yosefine Evigia Ayu (2022) COPING STRATEGY ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK USIA DINI BELAJAR DARI RUMAH (STUDI KASUS PADA KELOMPOK B TK KIDS FANTASI CAMP MENGWI, BADUNG). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811061011-COVER.pdf Download (506kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811061011-ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811061011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (426kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811061011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (677kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811061011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (681kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811061011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (961kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811061011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811061011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (593kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811061011-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan coping strategy yang digunakan oleh orang tua dalam mendampingi anak usia dini belajar dari rumah. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian studi kasus kualtatif dengan subjek penelitian yang berjumlah tiga pasang orangtua, yaitu ayah dan ibu dari anak yang memiliki kasus kurang minat belajar. Data diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi secara sistematis, melakukan pengkodean, dan interpretasi sehingga data yang diperoleh dapat dipahami secara lebih mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam mendampingi anak belajar dari rumah, orang tua lebih dominan menggunakan bentuk coping strategy yang berpusat pada masalah (Problem Focused Coping) yang berupa Active Coping, Planning, Suppression of Competing Activities, Restraint Coping, Seeking of Instrumental Social Support. Sedangkan Emotional Focused Coping berupa Acceptence dan Seeking of Emotional Sosial Support muncul bilamana orang tua membutuhkan dukungan dari lingkungan terdekat dan subjek menerima keadaan yang sudah terjadi yaitu pandemi Covid-19. Jadi dapat disimpulkan bahwa dalam mendampingi anak usia dini belajar dari rumah, orang tua lebih dominan menggunakan bentuk coping strategy yang berfokus pada masalah (Problem Focused Coping) dimana orangtua mengatasi permasalahan atau tekanan secara langsung dengan memikirkan langkah-langkah yang harus diambil untuk mengatasi masalah. Maka, rekomendasi yang dapat diberikan untuk dijadikan bahan pertimbangan lanjutan untuk kedepannya, yaitu orangtua hendaknya mampu lebih mengoptimalkan keterlibatannya terhadap pendampingan anak dalam belajar dari rumah agar proses pembelajaran anak dapat berjalan dengan optimal, kepada kepala sekolah dan guru hendaknya mengadakan evaluasi dan pertemuan orangtua secara rutin untuk menginformasikan perkembangan anak dan membantu orangtua menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi melalui saran dan masukan-masukan yang positif, dan bagi peneliti lainnya disarankan adanya penelitian lebih lanjut dan lebih mendalam mengenai coping strategy.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Coping Strategy, Orang Tua, Anak Usia Dini, BDR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Yosefine Evigia Ayu Palupi |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 03:09 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 03:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11358 |
Actions (login required)
View Item |