Silviana, Dewi (2022) PENGEMBANGAN INOVASI PERANGKAT LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN SIKAP JUJUR SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811011006-COVER.pdf Download (218kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811011006-ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811011006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (128kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811011006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811011006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811011006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (724kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811011006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811011006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811011006-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji keberterimaan inovasi perangkat layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan sikap jujur pada siswa SMP. Adapun model yang dijadikan acuan pada penelitian pengembangan inovasi perangkat layanan bimbingan klasikal ini adalah model 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1947) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu define (Pendefinisian), design (Perencanaan), develop (Pengembangan), disseminate (Penyebarluasan). Inovasi Perangkat layanan bimbingan klasikal ini dibuat untuk membantu guru bimbingan konseling untuk meningkatkan sikap jujur pada siswa dalam menyelenggarakan layanan bimbingan konseling disekolah. Hasil penelitian ini adalah perangkat layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan sikap jujur pada siswa yang dikatakan valid dengan melibatkan 5 orang penilai yaitu 3 ahli dalam bidang bimbingan konseling FIP Undiksha dan 2 orang guru bimbingan konseling SMP Negeri 1 Tegaldlimo. Uji efektivitas pengembangan perangkat layanan bimbingan klasikal dilaksanakan kepada 31 siswa kels VIII SMP Negeri 1 Tegaldlimo dengan menggunkan pretest-posttes control group design . perhitungan yang diperoleh menghasilkan nilai sig sebesar 0,000, nilai probabilitas ini lebih kecil dibandingkan tingkat signifikasnsi 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak. Dengan demikian perangkat layanan bimbingan klasikal efektif untuk meningkatkan sikap pada siswa SMP.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Perangkat Layanan Bimbingan Klasikal, Sikap Jujur. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Dewi Silviana |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 03:27 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 03:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11374 |
Actions (login required)
View Item |