Rama, Pande Kadek (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK BERBASIS PENGENALAN MOTIF HIAS BALI KELAS III PADA PEMBELAJARAN SBDP DI SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031272-COVER.pdf Download (275kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031272-ABSTRAK.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031272-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (133kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031272-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (489kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031272-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031272-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (772kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031272-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031272-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (118kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031272-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menguraikan langkah-langkah pengembangan media Pop-Up Book berbasis pengenalan motif hias Bali kelas III pada pembelajaran SBdP di SD. (2) Memaparkan hasil validitas pengembangan media Pop-Up Book berbasis pengenalan motif hias Bali kelas III pada pembelajaran SBdP di SD. (3) Mendeskripsikan respon peserta didik kelas III terhadap media Pop-Up Book pada pembelajaran SBdP materi motif hias. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang terdiri atas studi pendahuluan, perancangan produk, pengembangan draft produk, uji coba perorangan, uji coba terbatas, penyempurnaan produk akhir, dan uji pelaksanaan secara luas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Data yang dianalisis meliputi data kelayakan media dari ahli media dan hali materi serta respon dari siswa sebagai subjek uji coba. Adapun hasil penelitian adalah (1) langkah pengembangan media Pop-Up Book berbasis pengenalan motif hias Bali yaitu: Pemilihan jenis huruf, pembuatan gambar, pemilihan warna, pemilihan teknik Pop-Up Book, dan perakitan komponen-komponen media. (2) Hasil validasi media Pop-Up Book adalah: Validasi ahli materi pertama memperoleh jumblah skor 78 dengan rata-rata 4,88 berada pada ketegori sangat baik, validasi ahli materi kedua memperoleh jumblah skor 80 dengan rata-rata 5,00 berada pada ketegori sangat baik. Validasi ahli media pertama memperoleh jumblah skor 75 dengan rata-rata 4,20 berada pada ketegori sangat baik. Validasi ahli media kedua memperoleh jumblah skor 84 dengan rata-rata 4,70 berada pada ketegori sangat baik. Uji coba perorangan dengan tiga orang siswa memperoleh jumlah skor 53 dengan rata-rata 4,41 berada pada ketegori sangat baik, uji coba terbatas dengan enam orang siswa memperoleh jumlah skor 52,68 dengan rata-rata 4,39 berada pada ketegori sangat baik dan uji coba pelaksanaan secara luas dengan tiga puluh siswa memperoleh jumlah skor 54,85 dengan rata-rata 4,57 berada pada ketegori sangat baik. Respon siswa terhadap media Pop-Up Book yang dikembangkan adalah: Media sangat bagus membuat siswa semangat belajar, media Pop-Up Book sangat menarik dan baik, gambar pada media juga menarik, dan soal yang menarik membatu saya paham akan motif hias Bali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Motif hias Bali, Pengembangan, Pop Up Book. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Pande Kadek Rama |
Date Deposited: | 17 Jul 2022 07:51 |
Last Modified: | 17 Jul 2022 07:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11425 |
Actions (login required)
View Item |