PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS V SD NEGERI 1 PUHU

Utamiani, Ni Made (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS V SD NEGERI 1 PUHU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031297-COVER.pdf

Download (235kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031297-ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031297-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031297-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031297-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031297-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031297-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031297-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031297-LAMPIRAN.pdf

Download (863kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat instrumen penilaian keaktifan siswa dalam pelajaran PPKn dan untuk mengetahui validitas serta reliabilitas instrumen penilaian keaktifan siswa dalam pelajaran PPKn. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah Instrument Penilaian Keefektifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKn untuk Kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan model RDR (Research, Development, Research) yang sangat sederhana dan meliputi 3 tahapan yakni: (1) research (studi pendahuluan), (2) development (pengembangan), dan (3) research (uji efektivitas produk). Subjek dalam penelitian ini adalah ahli, guru dan siswa kelas V. Metode pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini yakni metode non tes dengan bentuk lembar validasi ahli dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rumus rumus Gregory untuk melakukan analisis validitas serta untuk mengalisis koefisien reliabilitas instrumen dihitung dengan memakai formula Kuder Richadson 20 (KR20). Hasil analisis validitas isi instrumen keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn diperoleh sebesar 1,00 dan berada pada kriteria validitas yang tinggi, sedangkan hasil analisis reliabilitas instrumen diperoleh sebesar 0,93 dan berada pada kriteria reliabilitas sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Instrument penilaian, Keaktifan belajar, PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Utamiani
Date Deposited: 18 Jul 2022 01:43
Last Modified: 18 Jul 2022 01:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11505

Actions (login required)

View Item View Item