Perdiana, I Made (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN SIKAP SOSIAL SISWA PADA MUATAN IPS DI SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031198-COVER.pdf Download (204kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031198-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031198-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (130kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031198-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031198-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031198-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031198-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031198-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (213kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031198-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen pengukuran sikap sosial siswa kelas VI Sekolah Dasar tahun pelajaran 2021/2022 yang valid dan reliabel serta efektivitas yang dilihat dari respon siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilaksanakan dengan model RDR dengan tahapan pengembangan yaitu research (studi pendahuluan), tahap development (pengembangan), dan tahap research (uji efektivitas produk). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi berupa angket dengan melibatkan dua ahli/pakar dan dua praktisi/guru kelas VI SD serta angket respon siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah instrumen pengukuran sikap sosial yang terdiri dari kisi-kisi dan kuesioner dengan jumlah pernyataan kuesioner sebanyak 30 item pernyataan. Teknik yang digunakan dalam melakukan analisis data pada uji validitas isi menggunakan rumus Gregory dan untuk uji reliabilitas menggunakan rumus percentage of agreement. Perhitungan validitas isi instrumen penilaian survei karakter menunjukkan hasil sebesar 1,00 dengan kriteria validitas sangat tinggi. Hasil perhitungan reliabilitas pada instrumen pengukuran sikap sosial menunjukkan hasil sebesar 1,00 sehingga instrumen dinyatakan reliabel. Sementara itu untuk analisis respon siswa yang terdiri dari 6 butir pernyataan siswa mendapatkan hasil sebesar 90% dengan kategori sangat baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa instrumen yang dikembangkan telah valid dan reliabel. Sehingga Instrumen pengukuran sikap sosial layak untuk digunakan untuk menilai sikap sosial siswa pada muatan IPS di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen, pengukuran, sikap sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Made Perdiana |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 04:11 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 04:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11670 |
Actions (login required)
View Item |