Selenda, Maria Fatima (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI SISWA SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811011034-COVER.pdf Download (350kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811011034-ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811011034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (163kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811011034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811011034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811011034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811011034-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811011034-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811011034-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau research and development (R&D).Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui prototype, keberterimaan, dan efektivitas perangkat layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan keterampilan komunikasi antarpribadi siswa SMK. Perangkat ini adalah pedoman bagi guru bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan konseling disekolah. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D yang dikemukan oleh Thiagarajan, (1974), yakni : (1) Define (PenDefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Dissemintae (Penyebarluasan). Penilian kebereterimaan perangkat dinilai oleh 5 ahli/pakar dalam bidang bimbingan dan konseling diantaranya adalah 3 orang dosen bimbingan dan konseling FIP Undiksha dan 2 orang guru bimbingan dan konseling di SMK Negeri 3 Singaraja. Instrumen penilian 47 butir dari masing-masing perangkat, yakni: (RPL,Materi, Media, LKPD dan Alat evaluasi) mengacu pada keberterimaan perankat. Analisis validitas menggunakan formulasi perhitungan Content Validity Ratio(CVR) dari Lawse, (1975). Hasil yang menunjukan validitas isi (CVI) sebesar 0,7-1 dan dikategorikan sangat baik atau istimewa. Hal ini menunjukan bahwa perangkat layanan bimbingan klasikal yang dikembangkan telah memeuhi kriteria kelayakan. Uji efektivitas melibatkan 50 siswa 25 orang kelas eksperimen dan 25 orang kelas control. Penelitian ini menggunakan metode control group pre-test, post-test design. Uji efektivitas menggunakan uji t. Hasil analisis data pre-test kelas eksperimen dan kelas control masing-masing sebesar 0,346 dan 0,499 dengan taraf signifikan 5%(0,05) dan hasil tes –t didapatkan thitung =2,27 dan ttabel=2,01 yang berarti nilai thitung >ttabel . Hasil ini menyatakan bahwa pengembangan perangkat layanan bimbingan klasikal efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi antarpribadi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat, Bimbingan Klasikal, 4D. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Maria Fatima Selenda |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 01:24 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 01:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11717 |
Actions (login required)
View Item |