Kristiawan, I Kadek Pegi (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Budaya Hidup Sehat Pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1816011026-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1816011026-ABSTRAK.pdf Download (385kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (573kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1816011026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1816011026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (688kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1816011026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1816011026-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1816011026-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (482kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1816011026-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar budaya hidup sehat pada peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized post-test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Mengwi tahun pelajaran 2021/2022, yaitu terdiri dari 206 orang peserta didik dan dibagi menjadi 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling berdasarkan kelas. Kelas yang terpilih menjadi sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan XI MIPA 4 sebagai kelompok kontrol. Eksperimen dilakukan sebanyak 2 kali perlakuan di luar post-test. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objektif dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 26.0 for Windows. Rata-rata kelompok eksperimen adalah 80,88 lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol adalah 76,93. Signifikansi pada uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (Independent-Samples t Test) adalah 0,005 yaitu p<0,05. Disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar budaya hidup sehat pada peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Mengwi tahun pelajaran 2021/2022. Kata-kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar, budaya hidup sehat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar, budaya hidup sehat. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I Kadek Pegi Kristiawan |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:59 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 03:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11819 |
Actions (login required)
View Item |